Perencanaan Strategik

Salon Eka dengan salon Betlafi

1.Pengumpulan Data

1.1 Kekuatan (strength) Salon Eka :

  1. Banyak tenaga kerja : terdapat tenaga kerja yang banyak, sehingga customer tidak harus menunggu terlalu lama.
  2. Banyak Customer         : salon ini sudah berdiri sangat lama, dan memiliki kualitas produk yang bagus.
  3. Tenaga ahli profesional : karena tenaga ahli lulusan dari sekolah kecantikan atau sekolah salon.
  4.  Ruangan yang sejuk , dan bersih : ruangan yang disediakan fasilitas AC, lantai yang bersih.
  5.  Tempat parkir yang luas : disediakan tempat parkir yang luas untuk customer, sehingga customer yang membawa kendaraan pribadi tidak perlu khawatir untuk memarkirkan kendaraanya.

1.2  Kelemahan (weakness) Salon Eka

  1. Pelayanan yang tidak ramah : pelayan tidak bersikap ramah terhadap customer.
  2. Biaya yang cukup mahal : sesuai dengan perawatan yang dibutuhkan oleh customer, contoh : creambath  40.000
  3. Jam beroperasi yang tidak lama : karena salon buka jam 11:00 – 17:00
  4.  Hari beroperasi terbatas : salon ini beroperasi hari senin – sabtu, dan hari minggu tutup
  5. Lokasi yang kurang nyaman : karena berada di depan jalan raya yang lalu-lalang sehingga menimbulkan kebisingan bagi customer.

1.3  Peluang (Opportunities) :

  1. Tidak mempunyai pelanggan yang banyak : salon betlafi ini masih baru dan belum dikenal oleh masyarakat.
  2. Lahan parkir sempit : karena terletak di dalam pemukiman warga.
  3. Tenaga kerja kurang banyak : karena itu membuat customer terlalu banyak menunggu.
  4. Lokasi tidak strategis : karena lokasi tidak dekat dengan jalan raya dan lokasi berada di pemukiman warga.
  5. Tenaga kerja bukan profesional : tenaga kerja bukan lulusan atau didikan dari sekolah kecantikan atau sekolah salon.

1.4  Ancaman (Threats) :

  1. Biaya lebih murah : biaya perawatan lebih murah, contoh : creambath : 30.000.
  2. Pelayanan yang ramah : pelayan yang bersikap ramah terhadap customer.
  3. Jam beroperasi yang lebih lama : karena di mulai jam 08:00 – 18.00
  4. Hari beroperasi tidak terbatas : buka setiap hari, mulai hari senin – minggu.
  5. Promosi yang dilakukan pesaing sangat gencar : karena masih barunya salon tersebut dan melakukan berbagai macam promosi.

2.  Analisa Data

2.1  Kekuatan :

  1. Banyak tenaga kerja
  2. Banyak customer
  3. Tenaga ahli Profesional
  4. Ruangan sejuk dan bersih
  5. Tempat parkir luas

2.2  Kelemahan :

  1. Pelayanan kurang ramah
  2. Biaya cukup mahal
  3. Jam beroperasi yang tidak lama
  4. Hari beroperasi terbatas
  5. Lokasi yang kurang nyaman

2.3 Peluang :

  1. Tidak mempunyai pelanggan yang banyak
  2. Lahan Parkir yang Sempit
  3. Tenaga kerja kurang banyak
  4. Lokasi tidak strategis
  5. Tenaga kerja bukan profesional

2.4  Ancaman :

  1. Biaya lebih murah
  2. Pelayanan yang ramah
  3. Jam beroperasi lebih lama
  4. Hari beroperasi tidak terbatas
  5. Promosi yang dilakukan pesaing sangat gencar

Matriks Ifas

No Faktor strategik internal Bobot Skala Score
Kekuatan ( strenght )
1 Banyak tenaga kerja 0,1 3 0,3
2 Banyak customer 0,1 4 0,4
3 Tenaga kerja profesional 0,2 4 0,8
4 Ruangan sejuk dan bersih 0,1 3 0,3
5 Tempat parkir luas 0,05 2 0,1
Kelemahan ( weakness )
1 Pelayan kurang ramah 0,1 1 0,1
2 Biaya yang mahal 0,15 2 0,3
3 Jam beroperasi tidak lama 0,05 3 0,15
4 Hari beroperasi terbatas 0,05 3 0,15
5 Lokasi kurang nyaman 0,1 2 0,2
Jumlah 1 2,8

MATRIKS EFAS

No Faktor strategik eksternal Bobot Skala Score
Peluang (opportunity)
1 Tidak mempunyai customer yang banyak 0,1 2 0,2
2 Lahan parkir sempit 0,1 2 0,2
3 Tenaga kerja kurang banyak 0,15 4 0,6
4 Lokasi tidak strategis 0,15 3 0,45
5 Tenaga Kerja bukan profesional 0,05 3 0,15
Ancaman (threats)
1 Biaya lebih murah 0,1 2 0,2
2 Pelayan yang ramah 0,05 1 0,05
3 Jam beroperasi lebih lama 0,1 3 0,3
4 Hari beroperasi tidak terbatas 0,15 3 0,45
5 Promosi yang dilakukan pesaing sangat gencar 0,05 2 0,1
Jumlah 1 2,7

 

 

  • Total skor FSI sebesar 2,8 menunjukan Kekutan (Strength) lebih besar dari Kelemahan(weakness)
  • Total skor FSE sebesar 2,7 menunjukan peluang (opportunity) lebih besar dari ancaman (threats)
  • Karena karena S>W DAN O>T, maka strategi yang dipilih adalah strategi SO
  • Strategi SO adalah menggunakan kekuatan utuk merenut peluang, strategi agresif, strategi ekspansi atau growth oriented strategy.